TIPS MERAWAT COIL PREBUILD VAPE

Hallo Toku Squad!

Kalian para vapers yang menggunakan atomizer seperti RDA/RTA/RDTA yang menggunakan coil prebuild, kalian pasti sering banget bermasalah dengan coil-coil yang gampang kotor dan flavour yang di hasilkan dari coil tersebut sudah tidak se-optimal seperti awal kita gunakan.

Banyak banget nih pertanyaan yang masuk ke mimin tentang “Gimana sih merawat Coil Prebuild?” di kesempatan kali ini mimin akan buat satu artikel yang membahas “Tips Merawat Coil Prebuild Vape”. Semoga dengan ada nya artikel ini dapat membantu kalian untuk merawat Coil kalian dengan baik dan benar.

Kegiatan membersikan coil sudah menjadi ritual wajib para vapers, hanya saja masih ada yang keliru dalam penerapannya terutama coil jenis prebuild. Beberapa vapers banyak yang mengeluh setelah dibersihkan menjadi kurang enak dan cepat gosong. Tetapi, setelah diamati lebih lanjut, ternyata outer wire-nya sudah rusak dan muncullah hot spot (bercak-bercak hitam yang menempel di coil).

Sebenarnya, kerusakan ini di sebebkan oleh kalian sendiri saat kalian mencoba membersihkan coil yang menggunakan sikat kawat yang tajam. Perlu diketahui bahwasanya ketajaman pada sikat kawat dapat merusak bahkan memutuskan jaringan outer wire jika kamu menggunakan coil prebuild.

Apa Itu Coil Prebuild?

Sebelum mimin lanjutkan mimin mau sedikit menjelaskan ke kalian coil prebuild, buat kalian yang belum tau.

Coil prebuild (alien, fused, clapton, dll) terdiri dari beberapa lapisan kawat,  yaitu kawat terluar (outer wire) dan kawat bagian dalam (inner wire). Outer wire mempunyai ukuran kawat yang lebih halus dibanding inner wire. Oleh karena itu, kalian perlu memberi perlakuan khusus dalam membersihkan coil prebuild.

Gimana sudah tau dengan Coil Prebuild? Kalau kalian sudah paham, mimin akan lanjut untuk ke “Cara Membersihkan Coil Prebuild”

Cara Membersihkan Coil Prebuild

1. Lepaskan Kapas Dari Coil

Langkah pertama kalian harus melepas kapas kalian yang lama dari Coil Prebuild kalian yang ingin kalian bersihkan. Sebelum kalian lepas di pastikan kapas yang ada di coil kalian sebelum di lepaskan dalam keadaan kering atau setidaknya tidak terlalu basah di kapas tersebut. Kenapa? Karna untuk menghindari penggeseran pada Coil Prebuild kalian saat kalian melepaskan kapas kalian dari coil kalian.

2. Sikat Permukaan Kawat

Kalian boleh menggunakan sikat kawat seperti gambar di atas, Cuma kalian tetap harus hati-hati untuk menyikat nya. Jangan di tekan dan jangan terlalu kasar saat menyikat coil kalian, kalau kalian tidak ada sikat kawat khusus ini kalian bisa juga menggunakan sikat gigi. Sikat gigi juga di rekomendasikan karna tidak kasar dan tentunya aman juga untuk di jadikan sikat coil kalian. Kalian bisa sikat hingga residua tau kerak liquid yang ada di coil kalian rontok.

3. Sikat Bagian Dalam Coil

Setelah kalian sikat permukaan luar coil, kalian bisa sikat juga bagian dalam coil menggunakan sikat kawat seperti gambar di atas. Sama seperti sebelum nya, sikat dengan perlahan dan jangan terlalu di tekan dengan keras agar tidak merusak coil prebuild yang sedang kalian gunakan.

4. Dry Burn

Setelah kalian menyikat coil kalian, step selanjut nya kalian bisa langsung dry burn coil kalian selama 1 detik untuk membersihkan dan mengeringkan bekas liquid yang ada di coil kalian. Gunakan dengan daya yang sangat minimal (2.5 volt – 3.0 volt) lalu kalian bisa mencelupkan ke air bersih lalu kembali sikat dengan hati-hati. Emang boleh di celupkan ke air saat dry burn? Boleh, asal dengan daya yang kecil seperti yang mimin bilang di atas tadi.

Lebih bagus lagi untuk membersihkan coil selain di celup ke air, kalian bisa menggunakan cairian khusus yang di buat untuk membersihkan coil. Yaitu Goes’T Cleaner, dengan cairan ini kalian cukup menyemprotkan ke coil kalian dan tunggu selama 3 menit lalu keringkan dengan perlahan dengan tisu. Dan di selesaikan dengan dry burn serta tidak perlu lagi di celupkan ke air.

5. Keringkan Dengan Tisu

Setelah kalian dry burn kalian bisa menunggu hingga dingin kembali coil kalian yang sudah kalian dry burn sebelum nya. Dan setelah dingin kalian bisa langsung bersihkan coil kalian dengan sisa-sisa air dengan tisu dengan perlahan. Bersihkan dengan teliti hingga jangan sampai ada air yang tersisah hingga di sela-sela atomizer kalian.

6. Dry Burn Kembali

Setelah kalian keringkan dengan tisu, kalian bisa langsung dry burn kembali sebelum memasang kapas kalian. Apa tujuan nya untuk dry burn lagi? Tujuan nya yaitu untuk mengecek kembali agar tidak ada Hot Spot di coil kalian seperti gambar di atas. Jika ada hot spot kalian ratakan dengan menggesek coil kalian dengan menggunakan pinset kalian atau menggunakan obeng min kalian untuk meratakan pembakaran nya, gesek-gesek dengan perlahan agar tidak merusak permukaan coil kalian.

Kenapa memang nya kalau ada hot spot di coil? Kalau ada hot spot di coil, coil akan tidak optimal pembakaran nya dan tidak dapat mengkasilkan flavour yang optimal seperti sebelum nya.

7. Wicking Coil Kalian

Setelah semua nya kalian lakukan, kalian bisa langsung wicking coil kalian kembali atau memasang kapas kalian kembali. Ingat kapas jangan terlalu tebal dan juga jangan terlalu tipis.

Sebelum nya mimin juga sudah pernah membahas “Cara Mengganti Kapas Vape” untuk kalian yang belum membaca dan ingin tau gimana cara memasang kapas dengan benar, kalian bisa langsung aja klik link ini ya
Cara Mengganti Kapas Vape

Gimana Toku Squad? Sampai sini kalian sudah bisa memahami belum bagaimana cara merawat Coil Prebuild kalian? Jika masih belum, kalian bisa langsung aja datang ke Store Tokovapeku terdekat dari kalian, nanti Vaporista-vaporista Tokovapeku akan mengajari kalian dengan benar gimana cara merawat Coil Prebuild kalian. Sesuai dengan Service TOP Tokovapeku, kalian akan di layani dengan baik dan benar oleh vaporista Tokovapeku.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya Toku Squad, dan jangan lupa rawat coil kalian agar kalian bisa terus merasakan sensasi kenikmatan dalam vaping.

Mungkin segitu dulu untuk pembahasan “Cara Merawat Coil Prebuil” untuk kalian yang masih bingung kalian bisa juga Tanya-tanya ke admin. Kalian bisa gabung ke grup telegram Tokovapeku, di sana kalian bisa sharing atau Tanya-tanya. Kalian bisa langsung aja klik link di bawah ini ya.
Join Solusigram

Tokovapeku juga memiliki aplikasi belanja online untuk kalian yang sedang mencari kebutuhan vaping kalian. Belanja dengan mudah dan aman, yang tentunya aplikasi Tokovapeku juga bisa kalian gunakan menggunakan android tanpa harus ribet-ribet lagi seperti marketplace yang sudah memblokir produk-produk vape.

Yuk langsung aja download aplikasi Tokovapeku “Belanja Vape Bisa Pakai Android” klik link Dibawah ini
Tokovapeku.com

Untuk kalian yang ingin membaca artikel tentang vape lain nya, Tokovapeku juga memiliki Blog yang khusus membahas berbagai macam yang ada di dunia vape. Jadi buat kalian yang ingin membaca artikel lain nya kalian bisa langsung aja klik link di bawah ini ya.
Blog Tokovapeku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *