APA ITU VG DAN PG DALAM LIQUID VAPE?

Hallo Toku Squad!

Untuk kalian para vapers pada sudah ga asing lagi dengan VG dan PG. Apa itu VG/PG?

Di artikel kali ini mimin akan bahas khusus untuk kalian yang belum tau apa itu PG/VG yang ada pada liquid. PG dan VG itu salah satu kandungan yang di pakai dalam pembuatan liquid vape, berguna nya untuk apa sih? Sebelum mimin kasih tau ke gunaan nya mimin akan jelaskan 1 per 1 kegunaan dan manfaat dari kedua kandungan tersebut.

Seperti yang kalian sering liat di kemasan-kemasan liquid banyak yang menjelaskan berapa kandungan PG/VG tersebut dan banyak juga yang tidak menjelaskan. Biasa yang sering kita liat perbandingan nya 60/40, 70/30, 50/50, pada umumnya kita akan menemukan kandungan PG/VG yang ada pada liquid sekitaran segitu.

Sebelum nya mimin juga pernah membahas “Liquid Vape di situ mimin membahas kandungan-kandungan yang ada dalam liquid vape, untuk kalian yang belum membaca nya kalian bisa langsung aja klik link nya ya.
Liquid Vape

Liquid mengandung empat bahan: PG atau VG , nikotin, air dan perasa. Propylene Glycol (PG) Dan Vegetable Glycerin (VG) adalah senyawa organik tidak beracun dan umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi. Bahkan, mereka secara luas digunakan sebagai aditif makanan dalam berbagai produk yang tersedia secara komersial. 

PROPYLENE GLYCOL (PG)

PG adalah singkatan dari Propylene Glycol yang merupakan salah satu dari jenis senyawa kimia non organik. Liquid berjenis PG dibuat dari campuran nikotin dan tambahan perasa lain seperti berbagai varian rasa yang tersedia untuk vape. Apabila dibandingkan dengan VG, konsistensi PG yang cairannya tidak berbau dan berwarna ini tidak terlalu kental.

Sebagian pengguna vape sangat suka mencampurkan liquid mereka dengan jenis PG tersebut karena memberikan sensasi throat hit atau sensasi yang berada di tenggorokan seperti ketika merokok dengan rokok tembakau. Selain itu, suspensi dari PG juga lebih kuat dalam mengeluarkan rasa yang terkandung dalam liquid.

Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan liquid jenis PG ialah rasio pemakaiannya. PG yang terlalu banyak pada vape dapat memberikan rasa yang tidak enak pada tenggorokan. Bahkan, beberapa orang dilaporkan memiliki alergi pada PG. Kemudian, kadar PG yang terlalu tinggi juga menyebabkan lebih sering haus, mulut kering, hingga sakit tenggorokan. Solusi untuk hal tersebut biasanya pengguna vape mencampurkan liquid PG dengan VG.

Contoh penggunaan PG misalnya beberapa orang meramu liquid mereka sendiri. Dengan jenis PG dan VG yang dikombinasikan dengan berbagai rasa yang mereka inginkan, hal tersebut membuat vape lebih menyenangkan serta mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera. Selain itu, membuat liquid sendiri juga cenderung lebih hemat bagi para pengguna vape.

VEGETABLE GLYCERIN (VG)

VG memiliki sedikit rasa manis yang juga membuat manis liquid dan rasa agak sulit untuk dideteksi. Kalau VG itu adalah vegetable glycerin, yang walau bikin rasa enggak sekuat PG tapi bikin asap lebih tebal. Gabungan keduanya ini memiliki rasio yang berbeda di tiap liquid dan menimbulkan perbedaan. Ada liquid yang lebih berasa, berarti lebih banyak PG, dan ada juga liquid yang lebih berasap, berarti lebih banyak VG.

Simple nya kalau kalian ingin memiliki rasa liquid yang manis dan memiliki uap yang banyak kalian pilih yang kandungan VG nya lebih besar di bandingkan PG nya. Ketika memilih vape sebagai pengganti rokok, pengguna ditawarkan pada dua jenis liquid yaitu VG dan PG, yang di dalam pembahasan kali ini akan diulik tentang VG. VG sendiri merupakan singkatan dari Vegetable Glycerin. Seperti yang sudah diketahui, VG berbentuk cairan tidak berbau dan agak  manis yang merupakan kombinasi dari berbagai bahan untuk rasa vape nanti serta nikotin. Meskipun berembel-embel vegetable atau sayuran, VG tetap ialah salah satu produk kimia akan tetapi masih dalam kadar yang tidak berbahaya untuk digunakan serta aman untuk dikonsumsi.

Kalian harus tau kebutuhan kalian, dan kalian juga harus tau liquid yang cocok untuk device yang sedang kalian gunakan cocok nya menggunakan kandungan PG/VG berapa. Contoh jika kalian memakai Aio/Pod kandungan PG/VG yang cocok untuk kalian gunakan adalah 50/50 atau 60/40. Jika kalian menggunakan device MOD dan menggunakan Atomizer RDA kalian juga ingin menggunakan liquid yang uap nya tebal dan kalian cari liquid yang manis. Kalian bisa pilih kandungan nya VG:70 dan PG:30.

Nah mungkin segitu dulu untuk pembahasan tentang PG dan VG dari mimin Tokovapeku. Mungkin kalian masih bingung atau ingin bertanya, kalian bisa banget langsung aja komen di bawah ya. Atau kalian bisa gabung ke grup Telegram kita dengan klik langsung link di bawah ini.
Join Solusigram

Tokovapeku juga memiliki aplikasi belanja online untuk kalian yang sedang mencari kebutuhan vaping kalian. Belanja dengan mudah dan aman, yang tentunya aplikasi Tokovapeku juga bisa kalian gunakan menggunakan android tanpa harus ribet-ribet lagi seperti marketplace yang sudah memblokir produk-produk vape.

Yuk langsung aja download aplikasi Tokovapeku “Belanja Vape Bisa Pakai Android” klik link Dibawah ini
Tokovapeku.com

Untuk kalian yang ingin membaca artikel tentang vape lain nya, Tokovapeku juga memiliki Blog yang khusus membahas berbagai macam yang ada di dunia vape. Jadi buat kalian yang ingin membaca artikel lain nya kalian bisa langsung aja klik link di bawah ini ya.
Blog Tokovapeku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *